Aceh Election Monitoring

Program ini dirancang untuk mendapatkan informasik secara menyeluruh terkait dengan pelaksanaan pemilukada di Aceh pada 2012. Selain itu untuk memantau tindakan setiap tindakan kekerasan dan pelanggaran lainnya, seperti pelaksanaan pemilukada yang tidak adil, black campaign, dll.

Selama ini, proses pelaksanaan demokrasi di Aceh telah diwarnai oleh berbagai kekerasan. Meskipun secara tidak langsung, namun dari laporan berbagai media menyebutkan keterkaitan kekerasan tersebut dengan pesta demokrasi di Aceh.

Dalam situasi demikian, diperlukan upaya dari berbagai pihak untuk melakukan pemantauan dalam proses pelaksanaan pemilukada ini. Sehingga informasi yang didapatkan di lapangan dapat disampaikan kepada panitia pengawas pemilu atau para pihak lainnya yang mempunyai kebijakan secara structural di Pemerintahan.

Program ini akan difokuskan di 163 TPS dalam 2 Kabupaten, yaitu Kabupaten Pidie Jaya dan kabupaten Aceh Barat Daya. Hasil pemantauan ini akan disampaikan ke KIP, Panwas, Polri, Gakkum dan para pihak lainnya. Hasil dari laporan ini diharapkan akan memperkuat data bagi pihak Panwas dalam mewujudkan penegakan demokrasi yang adil, jujur dan damai.

 

Cakupan Program

  • Survey Election for Violence and Black Campaign
  • Vote Tabulation Monitoring

Alamat

Jln. Lingkar Kampus, Pertokoan Limpok Kav. II (Belakang Fakultas Kedokteran Unsyiah) Desa Limpok, Darussalam, Aceh Besar, Provinsi Aceh, Indonesia

Email: info@acehinstitute.org