Pelatihan Penggunaan Teknologi Informasi bagi Calon Anggota Legislatif pada Pemilu 2014

Pelatihan Penggunaan Teknologi Informasi bagi Calon Anggota Legislatif pada Pemilu 2014

Latar belakang

Perkembangan teknologi informasi telah mengantar kita memasuki dunia yang tanpa batas. Dalam waktu sekejap, kita dapat mendapatkan berbagai informasi dari belahan dunia mana pun. Perkembangan teknologi informasi ini pun tanpa disadari telah mempengaruhi pola hubungan sosial manusia.

Data Kementerian Komunikasi dan Informasi menunjukkan di penghujung tahun 2013 terdapat 63 juta orang yang tersambung dengan internet setiap harinya. 95% dari 63 juta tersebut menggunakan internet untuk tersambung dengan media sosial. Berbagai media sosial, seperti facebook, twitter, youtube, Instagram dan media sosial lainnya telah meramaikan peran komunikasi yang sebelumnya didominasi oleh media konvensional seperti suratkabar, radio dan televisi.

Profil pengguna teknologi informasi atau internet ini masih didominasi oleh orang/ anak muda, yang merupakan calon-calon pemilih pemula di Pemilu 2014 ini. Komisi Pemilihan Umum memperkirakan 20%-30% dari pemilih terdaftar adalah pemilih pemula atau sekitar 27 juta pemilih. Data dari survey yang diadakan oleh Polling Center dan The Asia Foundation di tahun 2013, menunjukkan dari 6 provinsi yang disurvey, 91.2% pemilih pemula (antara usia 16 30 tahun) memiliki akun facebook dan 44% dari pemilih pemula ini mengakses internet setiap minggunya.

Pemilih pemula dan pemilih usia muda merupakan pemilih potensial yang perlu digarap oleh para calon anggota legislatif. Penggunaan teknolog iinformasi yang tepat dapat membantu para calon anggota legislatif untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan para pemilih muda ini. Para calon anggota legislative dapat merancang suatu kampanye yang murah dan efektif dengan teknolog iinformasi yang tepat.

Tujuan PelatihanTeknologi Informasi ini adalah:

  1. Memperkuat kemampuan para calon anggota legislative dalam penggunaan teknologi informasi terkini dalam meraih dukungan pemilih, khususnya pemilih pemula dan pemilih usia muda.
  2. Memperkenalkan teknologi terkini yang dimiliki oleh Google dalam mempermudah komunikasi dan relasi antara pengguna internet, dalam hal ini antara calon anggota legislative dengan para calon pemilih dan pemilihnya (konstituen).

Tanggal dan Tempat Pelaksanaan

Kegiatan pelatihan akan diadakan pada :

  • Hari/tanggal :Sabtu, 15 Maret 2014
  • Tempat : Hotel Hermes Palace Ballroom Aceh Jl. Teungku Makam Lambhuk, Banda Aceh

Peserta

Peserta pelatihan ini adalah calon anggota legislatif yang akan mengikuti Pemilu 2014. Kegiatan ini akan menggunakan metode yang dinamis dan interaktif. Untuk itu, peserta diharapkan membawa perlengkapan komunikasi / teknologi informasi, dapat berupa laptop atau handphone / smartphone, tablet atau perangkat lain yang dapat mengakses internet (melalui koneksi SIM card maupun WiFi).

Penyelenggara

  • Google
  • The Asia Foundation
  • Perludem
  • The Aceh Institute

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.